CAPACITY BUILDING SEKRETARIAT BPHN

Posted: 1 Agustus 2010 in Uncategorized


Dalam rangka meningkatkan kemampuan, kinerja dan kerja sama serta pembinaan  Pegawai di lingkungan Sekretariat Badan Pembinaan Hukum Nasional  menyelenggarakan kegiatan Outbond dengan tujuan membangun team work dan capacity building bagi para Pegawai Negeri Sipil dilingkungan Sekretariat BPHN. Kegiatan ini dilaksanakan di daerah Cikareteg Sukabumi tepatnya di Paddesas’s Maison Desa Pancawati  didampingi oleh Sekretaris BPHN   memberikan pengarahan bagi para peserta.

Dalam arahannya Sekretaris BPHN , mengatakan bahwa acara ini bertujuan untuk mempererat Korps Pegawai yang  biasa disebut Korsa serta meningkatkan kesatuan dan persatuan  generasi penerus BPHN agar dapat saling mengenal lagi satu sama lain, kompak dan solid. Karena di tahun-tahun mendatang, tanggung jawab pekerjaan BPHN akan berpindahtangan ke generasi penerus.

Lebih lanjut Sekretaris mengatakan, berawal dari perasaan saling memiliki yang kuat, diyakini akan mampu meningkatkan kinerja BPHN ke arah yang lebih baik disertai dengan kemampuan sumber daya manusia yang berkualitas. Ada beberapa kiat manajemen yang harus dijalankan dalam bekerja, pertama, kita harus care (peduli), kedua, berperan serta, ketiga, menghayati tugas-tugas yang diberikan ke kita dan keempat, menambah wawasan karena ke depannya kita akan menghadapi berbagai tantangan yang berat.

Dalam bekerja di BPHN dijelaskan corporate culture (budaya kerja) dalam bekerja, yaitu menjalankan amanah, taat pada mission and target, profesional dalam menguasai ilmu, teamwork dalam membangun infrastruktur, cepat dan lugas, loyal kepada keputusan, serta kesetiakawanan.

Akhir dari pengarahan, Sekretaris, mengharapkan agar generasi penerus BPHN dapat membangun masa depan yang cerah  kompak, dan tidak lupa untuk selalu bekerja dengan team work secara professional untuk dapat saling meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang akan datang.

Kegiatan Outbond

Outbond yang dilakukan selama tiga hari untuk masing-masing angkatan menorehkan banyak kesan, terutama dalam mengenal dan menjalin kekompakan masing-masing peserta. Bentuk pembelajaran yang coba dicapai dalam outbond kali ini dilakukan dalam dua bentuk, yang pertama berupa kegiatan dalam ruangan untuk memotivasi dan menumbuhkan self belonging diantara masing-masing peserta ketika bekerja dalam organisasi BPHN. Bentuk lainnya berupa kegiatan-kegiatan  yang merupakan kombinasi pembelajaran budaya dan etos kerja melalui tugas-tugas yang menggunakan dukungan alam.

Beragam permainan yang disusun secara tidak sadar menggambarkan kemampuan dan tindakan kita disaat sedang menghadapi tugas dari kantor, baik secara individu maupun berkelompok. Masing-masing kelompok yang berhasil paling cepat memecahkan tugas yang diberikan, dianugerahi bendera kemenangan.

Bukan kemenangan yang lebih ditekankan sebagai hasil akhir dari outbond kali ini, tetapi lebih kepada proses dan karakter dalam mencapai kemenangan tersebut. Tidak ada tugas yang tidak dapat dikerjakan, walaupun mungkin hasilnya tidak maksimal, yang terpenting sudah berusaha yang terbaik, totalitas, profesional, tanpa melupakan kesetiakawanan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s